Sunday, April 3, 2016



SEKOLAH NGEPARI LAWIT SIMBELANG
(Salam Tedehku man Tanah Karo Simalem)
Mejuah-Juah…!!!
Sekolah ke luar negeri adalah cita-citaku sejak kecil, mungkin pemikiran ini sedikit kontras dengan keadaan kedua orang tuaku yang hanya tamat SD, tapi dorongan dan motivasi dari kedua orang tua membuatku bermimpi lebih besar dan lebih besar lagi. Perkenalkan nama saya Robetmi Jumpakita Pinem biasa dipanggil Robetmi anak ke 3 dari 4 bersaudara, ini adalah sepenggal kisah perjalan suka duka studyku sampai S3. Perjalanan ini penuh dengan liku tapi dorongan dan doa orang tua membuatku terus maju dan pantang menyerah, cerita ini sama seperti pepatah “Rulih Adi Mejingkat”.
Saya masuk kuliah S1 di jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU) Medan. Masuk sebagai angkatan pertama di jurusan yang baru membuatku harus banyak belajar karena tidak ada senior sebagai sumber informasi tentang sistem perkuliahan, deskripsi mata kuliah bahkan sistem penilaian dan lain-lain hanya bermodalkan tanya-tanya ke senior jurusan lain, tapi ada hikmah dibalik sebagai angkatan pertama karena mendapat kesempatan membantu aktivitas di jurusan jadi bisa ngobrol banyak dengan dosen-dosen.
Semester satu berlalu, tibalah saatnya yang ditunggu-tunggu yaitu Indeks Prestasi (IP), Puji Tuhan dapat lumayan tinggi 3,86 dengan peringkat kedua. Ntah kenapa saya tidak terlalu senang karena tidak mendapat walaupun bagi orang lain itu mungkin terlalu sombong untuk mendapatkan nilai sempurna, masuk semester dua akhirnya mendapat IP 4,0 (Sempurna)…Wowww ini yang kutunggu-tunggu, ketika pulang saya langsung memberi tahu ke mamak bahwa saya dapat IP 4,0, Tapi alakah terkejutnya mamak saya.
“Mak, IP ku 4,0” Ujarku
“Kai kin IP e?” jawab mamak
“Nilai adi kuliah mak, gelarna Indeks Prestasi, I singkat IP, IP ku 4,0 mak” jawabku lagi
“Kok 4 nakku?, mesera kuliah oe? Kam biasana juara kok dat nilai 4?” tanya mamak
            Aku langsung tersadar ternyata mamak kami pikir IP itu sama seperti nilai raport 1-10, “Adi kuliah 4 simeganjangna mak, 4 seri ras 10 kerina bas raport sekolah” aku mencoba menjelaskan.
            “Ihh mantap kam e yah, emaka tutusi maka dat ndu ka pagi 4 semester sireh” Jawab mamak.
            Awalnya sedikit sedih karena kalau kawan cerita dapat IP 3,0 saja udah senang kali orang tuanya asalkan jangan dibawah 3,0 tapi aku enggo pe kudat 4,0 la angka mamak tapi tahun demi tahun akhirnya Bapak dan Mamak saya mengerti tentang IP, Singkat cerita…, tibalah saatnya semester akhir dan sidang meja hijau sebagai lulusan pertama dari Ilmu Administrasi Bisnis mencatat sejarah sebagai anak pertama yang lulus sekaligus wisudawan terbaik, saat yang paling menegangkan buat saya adalah disaat acara Wisuda Universitas Sumatera Utara (USU), wisudawan dengan predikat lulusan terbaik dengan IPK 3,95 duduk dibarisan paling depan bersama orang tua tepat dihadapan Rektor, Guru besar (Professor), Dosen dan pejabat USU lainnya membuat saya merinding sepanjang acara wisuda. Apalagi ketiga dipanggil nama saya, Wisudawan Terbaik dari Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis ROBETMI JUMPAKITA PINEM anak dari BENARTA PINEM tepuk tangan hadirin membuat air mataku jatuh, saya hanya mengucap Terima kasih banyak kepada Tuhan Yesus dan Kepada kedua orang tua saya yang sudah mati-matian berjuang demi kami anak-anaknya.
            Sepanjang kuliah S1, Cerita panjang penuh dengan liku membuatku terus berjuang apalagi selama menempuh Pendidikan S1 saya mendapatkan beasiswa Tanoto Foundation yang mewajibkan mahasiswa mendapat nilai bagus karena beasiswa yang diberikan selama pendidikan S1 juga bukan main-main, bahkan saya mendapat kesempatan tiga kali ke pulau Jawa tepatnya Bogor dan Bandung (Terima kasih Banyak Tanoto Foundation) untuk Gathering Tanoto Scholars dengan kampus lain seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Riau dan Universitas Jambi. Mendapatkan beasiswa sepanjang pendidikan S1 yang nilainya diatas rata-rata beasiswa yang lain membuatku terus terpacu untuk lebih serius belajar.
            Trettttttttttt, Tretttttttt, Tretttttttt….
Bunyi getaran hp saya, seseorang senior menelpon saya jauh dari negeri Formosa (Taiwan) beliau mengatakan saya lulus beasiswa di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) saya beri tahu kepada Bapak dan Mamak bahwa saya lulus dan akan berangkat ke Taiwan untuk lanjut S2, Mamak saya yang dulu terbayang anak-anaknya hanya akan sampai SMA harus merelakan anaknya berangkat ke negeri orang yang jauh bahkan belum pernah dia dengar sebelumnya. Kuala Namu International Airport (KNO) jadi saksi awal perjalananku ke Taiwan untuk study lanjut.
            Taiwan negeri yang Damai, sistem transportasi yang luar biasa tertata, sistem managemen sampah yang tertata rapi sudah bisa ditebak betapa bersih dan nyamannya Taiwan. Sebagai mahasiswa International pastinya agak bangga bisa bergaul dengan mahasiswa dari belahan dunia, melanjutkan pendidikan di jurusan Master of Business Administration (MBA) mempertemukanku dengan banyak mahasiswa dari negara lain sebut saja mahasiswa dari Jerman, Francis, Ukraina, Swiss, Republik Ceko, Polandia, Republik Dominika, Korea, Australia, Vietnam, China bahkan negara yang belum pernah saya dengar sebelumnya Estonia dan pastinya dari negara-negara lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.
            Yang paling berbeda adalah selama kuliah menggunakan bahasa Inggris (Biasana kap ndu bahasa Karo kita, bahasa Indonesia nge si ndohna cakap sehari-hari) Berkat kerja keras, dukungan dan doa dari keluarga membuatku terus berjuang dengan study S2 ku.  Puji Tuhan saya bisa sidang meja hijau tepat pada Selasa, 7 April 2015 dan wisuda bulan Juni 2015, yang membuat kebahagiaan itu makin lengkap yaitu sehari sebelumnya saya mendapatkan beasiswa untuk melanjut S3 di kampus yang sama, jd sekarang sedang menjalani Doktoral degree (PhD) semester dua. Di tengah kesibukan penelitian S3 dan Teaching Assistant (TA) masih aktif mengajar di Universitas Terbuka Taiwan sekaligus juga sebagai Sekretaris Jenderal (SekJen) Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan 2015/2016. Sebagai ketua komunitas badminton orang Indonesia di Taiwan (ICBiT) yang berlokasi di kampus NTUST salah satu rutinitas mingguan yang saya lakukan disamping kesibukan yang lain untuk membuat tubuh tetap fresh.
            Saya juga mengajak kawan-kawan pemuda-pemudi Karo yang masih kuliah S1 atau S2 ambil kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Taiwan untuk melanjutkan study karena begitu banyak beasiswa yang tersedia di Taiwan. Terutama kawan-kawan yang jurusan pertanian untuk membantu pengembangan pertanian Karo melalui kesempatan penelitian dan pengembangan pertanian di Taiwan. Jangan takut untuk mencoba, mari sibagun kuta kemulihenta. Adi la kita ise nari. Saya juga berharap Pemerintah Kabupaten Karo mau mendorong anak-anak di Tanah Karo untuk lanjut sekolah untuk membangun Tanah Karo Yang Lebih Baik semoga Bapak Bupati Karo, Bapak Terkelin Berahmana,SH bisa memberikan harapan baru untuk pembangunan Tanah Karo. Saya bersedia sebagai jembatan untuk kawan-kawan yang ingin sekolah ke Taiwan untuk sharing informasi tentang beasiswa.
            Saya sangat berharap banyak dan makin banyak lagi masyarakat Karo yang sekolah, di Taiwan sudah ada beberapa pemuda-pemudi Karo yang sedang melanjutkan Study jadi tidak perlu takut untuk melangkah jauh untuk melanjutkan study, kami ada beberapa yang bisa menjadi sumber informasi.
            Bagi kawan-kawan yang ingin study lanjut ke Taiwan, bisa menghubungi saya melalui:
Facebook         : Robetmi Jumpakita Pinem
Email               : robetmijumpakita@yahoo.com
Mobile             : +886978104109
Saya juga membantu  5 calon mahasiswa untuk biaya pengiriman berkas ke Taiwan bagi yang membutuhkan jadi hanya menyiapkan berkas yang akan di kirim. Saya berharap besar kepada Pemuda-Pemudi Karo ini saatnya bangkit dan bangun Tanah Karo supaya tidak tertinggal dibanding daerah lainnya yang ada di Indonesia, memunculkan generasi-generasi yang bisa tampil tidak hanya di panggung lokal (hanya di Tanah Karo) tapi juga bisa berbicara di tingkat Nasional maupun International apalagi selama ini masih jarang kita mendengar Putra-Putri Karo bisa berbicara banyak di panggung Nasional maupun International. Arah sekolah salah sada cara kita baci kutengah, Jadi mari generasi muda Tanah Karo sirasken mempersikap kuta kemulihenta Tanah Karo.
Terima kasih kepada Bapakku Simehuli (Bapakku yang baik hati) Benarta Pinem dan Mamakku Simelias (Mamakku yang penyayang) Rasita Br Sembiring Berahmana ras kerina keluarga ibas dukungan ras totondu selama enda.
Salam Tedeh Man Tanah Karo Simalem Ibas Anak ntah pe temanndu Taiwan nari...

PENULIS
ROBETMI JUMPAKITA PINEM
Mahasiswa Doktoral (Phd) National Taiwan University of Science and Technology
Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan 2015/2016
DOKUMENTASI

 Wisuda S2 (Master of Business Administration)



Bersama Mahasiswa International dari Negara Lain



10 comments:

  1. Good luck... stay humble and surrender...

    ReplyDelete
  2. Good luck... stay humble and surrender...

    ReplyDelete
  3. Haibat Nak Ola lUpa Kuta Kemulihen. Salam mejuahjuah, Tuhan Si Masu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggo pasti, pasti labo lupa pal
      Salam tedeh man Tanah Karo Simalem dari Taiwan

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Luar biasa harpan y beberpa tahun kedepan bisa sprti mereka mngeruk ilmu sbyk mungkin dr luar kmudian kmbli dgn sgudang ilmu yg siap d aplikasikan untuk membangun negara

    ReplyDelete
  6. Amin...Pasti bisa persiapken diri ndu ya..melala beasiswa jenda
    Salam dari Taiwan

    ReplyDelete
  7. Rasa hormat n rasa terimakasih saya buat Pak Robet.
    Sukses terus dalam karir n kehidupan nya pak.
    Ttd Bagus Adm.Bisnis 2011

    ReplyDelete

×

Powered By Facebook and Get This Widget

Follow on Google+

Powered by Blogger.

Ads Top

Follow

Popular Posts

Featured
Most Popular

Kategori

Kategori

Recent Comments

Text Widget

Text Widget

Featured

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Recent Post

Follow

Video of the Day

Popular

Popular Posts